Mengenal Jenis Job di Terraria

Mengenal Jenis Job di Terraria


Di Terraria, kita bebas memakai perlengkapan, senjata, atau armor apapun. Namun, dengan stat yang khusus, karakter kita akan lebih kuat atau bahkan membuat aktivitas tertentu terasa lebih mudah. Ini disebut job, di mana setiap job memiliki ciri khas dan stat khusus yang lebih cocok untuk dimiliki oleh job tertentu. Berikut adalah panduan detail mengenai job di Terraria.


Apa Itu Job?


Dalam konteks Terraria, job adalah sebuah peran yang merujuk pada spesialisasi tertentu. Meski tidak seperti game RPG lain yang memiliki sistem job yang teratur, di Terraria, peranan itu dibentuk oleh pemain karena beberapa hal seperti senjata, armor, perlengkapan, dan status.



Warrior (Pejuang)

Warrior adalah job paling umum di Terraria karena hampir kebanyakan senjata di Terraria adalah pedang. Job ini berfokus pada jarak dekat, meski ada senjata bagus yang mengeluarkan serangan jarak jauh. Job ini berfokus pada kekuatan dan ketahanan, meski bisa juga mengurangi ketahanan dan menambah critical atau kecepatan serang. Kamu bisa menggunakan perisai, yang sangat cocok untuk job ini.

Armor yang Cocok untuk Job ini:

Awal Game: Iron Armor, Silver Armor

Pre-Hardmode: Molten Armor

Hardmode: Adamantite Armor, Titanium Armor

Late Hardmode: Beetle Armor



Ranger (Penembak)

Ranger memiliki fokus pada tembakan saja. Senjata seperti senapan dan busur sangat cocok untuk job ini. Job ini memiliki ketahanan yang sedikit tetapi memiliki damage per second (DPS) yang tinggi. Job ini sangat cocok dipakai untuk melawan boss. Dengan damage yang lumayan dan jarak yang bisa jauh, pemain bisa menjaga jarak dengan musuh dan lebih mudah menghindar dari serangan musuh.

Armor yang Cocok untuk Job ini:

Awal Game: Iron Armor, Silver Armor

Pre-Hardmode: Necro Armor

Hardmode: Adamantite Armor, Titanium Armor

Late Hardmode: Shroomite Armor



Mage (Penyihir)

Job ini hanya berfokus pada senjata magis saja. Kelebihan dari job ini adalah memiliki jangkauan jauh, damage besar, dan bisa spam seperti ranger. Namun, kekurangannya adalah job ini harus mengandalkan mana, yang bisa saja regen, tetapi jika digunakan terus-menerus, harus menggunakan mana potion. Ada banyak senjata untuk job ini, dari buku, staff, hingga senapan magic. Job ini berfokus pada stat kecepatan gerak, critical, mana regen, max mana, dan kekuatan.

Armor yang Cocok untuk Job ini:

Awal Game: Jungle Armor

Pre-Hardmode: Meteor Armor

Hardmode: Adamantite Armor, Titanium Armor

Late Hardmode: Spectre Armor



Summoner (Pemanggil)

Job ini unik karena tidak berfokus pada damage dari pemain. Job ini kurang cocok untuk melawan boss, tetapi bisa digunakan untuk mining, mencari gold, atau bahkan AFK farm, karena hanya dengan diam kita bisa membunuh monster. Stat yang bagus untuk job ini adalah max minion, yang berguna untuk menambah makhluk yang kita summon dan damage minion. Whip (cambuk) menjadi senjata yang cocok untuk job ini karena memberikan CC/knockback pada musuh, menandai musuh, dan menambah damage minion terhadap musuh yang ditandai.

Armor yang Cocok untuk Job ini:

Awal Game: Bee Armor

Pre-Hardmode: Obsidian Armor

Hardmode: Spider Armor

Late Hardmode: Tiki Armor, Spooky Armor



Miner (Penggali)

Job ini bukan job yang khusus untuk bertarung, namun cocok digunakan saat mencari ore di underground atau cavern. Keunikan dari job ini adalah menambah kecepatan mining. Tidak ada stat khusus untuk job ini.

Armor yang Cocok untuk Job ini:

Awal Game: Copper, Tin Armor, Mining Armor

Pre-Hardmode: Gold, Platinum Armor, Mining Armor

Hardmode: Cobalt Armor, Palladium Armor, Mining Armor

Late Hardmode: Chlorophyte Armor, Mining Armor



Fishing (Pemancing)

Job ini sangat tidak cocok untuk bertarung karena hanya berfokus pada memancing. Job ini berguna saat memancing, dengan potion tertentu dan armor tertentu yang menambah peluang dan keterampilan memancing.

Armor yang Cocok untuk Job ini:

Awal Game: Wood Armor

Pre-Hardmode: Angler Armor

Hardmode: Angler Armor

Late Hardmode: Angler Armor



Builder (Pembangun)

Job ini hanya cocok saat membangun tempat saja dan tidak bisa digunakan untuk bertarung. Dengan equipment khusus, job ini menambah jangkauan build dan kecepatan build. Job ini cocok untuk kamu yang suka membangun tempat-tempat yang bersifat detail.

Armor yang Cocok untuk Job ini:

Awal Game: Iron Armor

Pre-Hardmode: Gold/Platinum Armor

Hardmode: Titanium Armor

Late Hardmode: Shroomite Armor



Itu saja dari saya. Mohon koreksi jika ada kesalahan. Terima kasih.

Komentar

Postingan Populer